Jumat, 02 Maret 2018

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia


MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA





A. Pengertian Manajamen Sumber Daya Manusia menurut para ahli
Perkembangan teknologi yang sangat pesat dewasa ini membuat banyak pekerjaan digantikan oleh mesin. Misalnya sistem absensi karyawan yang sudah mulai digantikan dengan mesin, tetapi tetap saja perusahaan membutuhkan orang sebagai operator atau bahkan pengawas dari kerja mesin untuk menganalisa data dan menghasilkan output dari mesin absensi tersebut.
Agar sumber daya manusia diatas, dapat didayagunakan secara kreatif dan produktif sesuai minat dan bakat karyawan dan memiliki satu tujuan dengan perusahaan, maka diperlukan ilmu manajemen sehingga disebutkan manajemen sumber daya manusia.
Menurut Prof. Dr. Veithzal Rival Zaenal, Prof. Dr. H. Mansyur Ramly, Prof. Dr. Thoby Mutis dan Dr. Willy Arafah menyatakan bahwa Manajemen sumber daya manusia disingkat MSDM adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya manusia (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat.
Sedangkan menurut Mathis dan Jackson (2002:5) dan Hasibuan (2012:23) menyatakan bahwa Manajemen sumber daya manusia (MSDM) dapat diartikan sebagai ilmu dan seni yang mengatur hubungan dan pernanan tenaga kerja agar efektif dan efisien dalam penggunaan kemampuan manusia agar dapat mencapai tujuan disetiap perusahaan.
Jadi, kesimpulannya adalah:
·  Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur manusia didalam perusahaan agar lebih produktif dalam mewujudkan tujuannya.
· Fokus kajian MSDM adalah masalah tenaga kerja manusia yang diatur menurut fungsi-fungsinya agar efektif dan efisien dalam mewujudkan tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat secara berkesinambungan.

      B. Perbedaan Sumber Daya Manusia dengan Personalia
Seringkali pengertian manajemen sumber daya manusia disamakan dengan  manajemen personalia. Walaupun keduanya memiliki kesamaan, tetapi sesungguhnya berbeda.
Persamaan Manajemen SDM dan Manajemen Personalia, Menurut Malayu Hasibuan (2003), keduanya sama-sama ilmu manajemen yang mengatur unsur manusia dalam organisasi, agar terwujudnya tujuan organisasi.
Sedangkan perbedaannya adalah:
·  MSDM dikaji secara luas, sedangkan Manajemen Personalia dikaji secara sempit saja.
·  MSDM berpandangan bahwa karyawan dalam setiap perusahaan adalah kekayaan utama, jadi harus dipelihara dengan baik. Sementara itu dalam Manajemen Personalia, karyawan hanya dipandang sebagai factor produksi, sama dengan factor lainnya seperti mesin, jadi harus dimanfaatkan secara produktif.
·  MSDM pendekatannya secara modern sedangkan personalia, pendekatannya klasik.


Sumber:
Manajemen Sumber Daya Manusia, Drs. Jaenudin Akhmad SE., MM.
Penerbit Lentera Ilmu Cendekia
ISBN : 978-602-8969-04-8

0 komentar:

Posting Komentar