Selasa, 03 April 2018

Contoh Hadits Nabi Qauliyah dan Fi'liyah

Hadits Qauliyah
Hadits Qauliyah yaitu ucapan-ucapan atau sabda Nabi dalam berbagai kesempatan dan keadaan yang berhubungan dengan penerapan hukum atau ketentuan-ketentuan lain dalam islam.
Contoh hadits qauliyah (perkataan):
• Dari Umar bin Khaththab radhiyallaahu ‘anhu, ia berkata: “Aku mendengar Rasulullah saw bersabda:
"Sesungguhnya amalan itu tergantung dari niatnya dan setiap orang akan mendapatkan balasan sesuai dengan niatnya, barangsiapa yang hijrahnya untuk mendapatkan dunia yang ingin dicapainya atau untuk wanita yang ingin dinikahinya maka hijrahnya sesuai dengan apa yang ia niatkan”.
• Dari Jabir, ia berkata:
“Tidak ada wasiat (tidak boleh diwasiatkan) untuk orang yang menerima pusaka (warisan)”. (HR. Ad-Daruquthny)
• "Setiap amal perbuatan tergantung pada niat, dan setiap orang mendapatkan apa yang dia niatkan. Barang siapa berhijrah (menuju kebenaran) karena Allah dan Rasul-Nya , maka sesungguhnya hijrah yang dia lakukan benar - benar menuju Allah swt  dan Rasul-Nya. Dan barang siapa berhijrah karena dunia atau wanita yang hendak dinikahi , maka dia akan mendapatkannya" (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
• "Termasuk hal yang dapat menyempurnakan keislaman seseorang ialah kerelaannya untuk meninggalkan apa yang tidak berguna" (H.R.Muslim)
• Dari Sa’ad radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda padanya:
“Apapun yang engkau berikan berupa suatu nafkah kepada keluargamu, maka engkau diberi pahala. Hingga sampai sesuap makanan yang engkau angkat (masukkan) ke mulut istrimu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadits Fi'liyah
Hadits Fi'liyah yaitu perbuatan atau perilaku Nabi untuk memberikan tuntunan atau contoh pelaksanaan ibadah atau urusan-urusan lain dari islam.
Contoh hadits fi’liyah (perbuatan):

 Dari Hudzaifah bin Al-Yaman radhiyallaahu anhu, ia berkata:
“Dahulu Rasulullah saw. apabila bangun malam untuk shalat, menggosok giginya dengan siwak.”
 Dari Malik bin Huwairits, ia berkata:
“Bershalatlah kamu sebagaimana kamu melihat aku bershalat”. (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
 Dari Jabir, Rasulullah saw bersabda:
“Ambilah dariku cara-cara mengerjakan haji”. (HR. Muslim)
 Dari Jabir, ia berkata:
"Dalam sebuah perjalanan , Rasullulah saw salat di atas kendaraan menghadap sesuai arah kendaraan. Apabila beliau hendak melakukan salat fardu, beliau turun sebentar , terus menghadap kiblat " (H.R. Muslim)
 "Konon Nabi Muhammad saw mengenakan jubah sampai di atas mata kaki" (H.R. Al-Hakim)
 “Apabila salah seorang dari kalian sedang shalat, maka jangan ia biarkan seorang pun melintas di depannya dan ia harus berusaha semampunya untuk menghadangnya. Jika orang tersebut enggan, maka lawanlah karena dia itu setan.” (HR. Muslim dan Al-Bukhari).

0 komentar:

Posting Komentar