Selasa, 03 April 2018

Konsep Inti dari Pemasaran

PEMASARAN
Pengertian Pemasaran
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.

KONSEP INTI PEMASARAN
Kebutuhan, Keinginan dan Permintaan
Kebutuhan manusia (human needs) adalah makanan, pakaian, tempat berlindung, keamanan, hak milik, dan harga diri. Kebutuhan ini tidak diciptakan oleh masyarakat atau pemasar. Mereka merupakan hakikat biologis dan kondisi manusia. Keinginan (wants) adalah hasrat akan pemuas kebutuhan yang spesifik. Sedangkan permintaan (demands) adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung kemauan dan kesediaan untuk membelinya. Keinginan akan menjadi permintaan jika didukung oleh daya beli.
Produk (Barang, Jasa dan Gagasan) 
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memuaskan suatu kebutuhan dan keinginan. Produk atau penawaran dapat dibedakan menjadi tiga jenis: barang fisik, jasa, dan gagasan.
Nilai, Biaya dan Kepuasan
Nilai (value) adalah perkiraan konsumen atas seluruh kemampuan produk untuk memuaskan kebutuhannya. Seseorang akan mempertimbangkan nilai dan biaya sebelum menetapkan pilihan. Seseorang akan memilih produk yang menghasilkan kepuasan terhadap dirinya yang menghasilkan nilai lebih.
Pertukaran dan Transaksi
Pertukaran adalah tindakan memperoleh barang yang dikehendaki dari seseorang dengan menawarakan sesuatu sebagai imbalan. Terdapat lima kondisi yang harus terpenuhi agar pertukaran dapat terjadi:
1. Terdapat sedikitnya dua pihak.
2. Masing-masing pihak memiliki sesuatu yang mungkin berharga bagi pihak lain.
3. Masing-masing pihak mampu berkomunikasi dan melakukan penyerahan.
4. Masing-masing pihak bebas menerima atau menolak tawaran pertukaran.
5. Masing-masing pihak yakin bahwa berunding dengan pihak lain adalah layak dan bermanfaat.
Hubungan dan Jaringan
Pemasaran hubungan (relationship marketing) adalah praktek membangun jangka panjang yang memuaskan dengan pihak-pihak kunci pelanggan, pemasok, dan penyalur guna mempertahankan preferansi dan bisnis jangka panjang yang dijalani. Hasil pemasaran hubungan yang utama adalah pengembangan asset perusahaan yang disebut dengan jaringan pemasaran.
Pasar
Pasar terdiri dari semua pelanggan yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu yang sama, yang mungkin bersedia dan mampu melaksankan pertukaran untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan itu.
Pemasar dan Calon Pembeli
Pemasar adalah seorang yang mencari satu atau lebih calon pembeli yang akan terlibat dalam pertukaran nilai. Sedangkan calon pembeli adalah seseorang yang diidentifikasi oleh pemasar sebagai orang yang mungkin bersedia dan mampu terlibat dalam pertukaran.

Sumber:
Buku Aplikasi Pemasaran dan Salesmanship
Drs. Jaenudin Akhmad, SE. MM.
Lentera Ilmu Cendekia
ISBN 978-602-8969-68-0

0 komentar:

Posting Komentar